FEEDBACK

Mana yang Anda pilih, SKN atau RTGS?

Posted June 7th, 2011 by Sandi Mardiansyah

Bagi sebagian orang, dan mungkin kebanyakan orang mentransfer uang adalah hal yang sudah biasa di dalam kehidupan perekonomian masyarakat kita. Aktifitas tersebut dilakukan biasanya dari satu bank ke bank yang sama atau dari satu bank ke bank yang lainnya, dengan tujuan yang bermacam-macam.

Akan tetapi, mentransfer uang di Indonesia bukanlah perkara yang sangat mudah, murah dan cepat seperti yang dibayangkan. Hal ini berlaku bagi mereka yang mentransfer dari bank yang satu ke bank yang lainnya. Misalnya saja, mentransfer uang dari Bank Mandiri ke Bank BNI, via ATM akan jauh sangat lebih mudah karena kedua bank tersebut tergabung dalam satu link bernama ATM Bersama. Lain halnya jika Anda berniat mentransfer dari Bank Mandiri ke Bank BCA lewat ATM, ini mustahil dilakukan karena keduanya tidak tergabung dalam satu jaringan apapun. Priyadi, pernah membahas masalah ini di blognya beberapa tahun silam. Itupun dilakukan dengan dua kali transfer.

Nah, sekarang saya akan lebih bercerita tentang bertransaksi/mentransfer dana dari Bank Mandiri ke Bank BCA dengan menggunakan internet banking. Hal ini saya lakukan karena ATM Mandiri saya hilang dan belum saya proses untuk mendapatkan ATM baru, alhasil saya pun berencana untuk mentransfer uang yang ada di Mandiri ke Bank Lain. Pilihan pertama sempat akan saya transfer ke Bank BNI, karena kebetulan mereka tergabung dalam satu link ATM Bersama, dan saya berpikir mentransfer uang lewat Internet Banking akan sama mudahnya dengan ketika kita akan mentransfer uang via ATM.

Ternyata tidak demikian mudahnya, karena mungkin alasan keamanan. Sehingga Mandiri pun memisahkan transaksi transfer dari Bank Mandiri untuk Bank Lain dengan sistem kliring baik itu SKN (Kliring) ataupun RTGS (Real Time Gross Settlement). Dulu, saya sempat melakukan hal yang sama ketika saya mentransfer uang dari Internet Banking Mandiri ke Bank BNI saya. Karena hal ini adalah baru bagi saya, maka sayapun mencari-cari cara mentransfer antara bank Mandiri dan bank lain lewat internet banking. Dan kebanyakan menyarankan saya untuk melakukan transfer dengan cara SKN. Akhirnya, sayapun melakukan transfer dengan sistem kliring, karena mungkin biayanya yang sangat murah biasanya Rp. 5.000. Namun, Sistem Kliring itu akan memakan waktu sangat lama, bisa sampe 2-3 hari kerja dikarenakan data-data yang kita masukkan harus benar-benar akurat.

Karena kejadian itulah, akhirnya saya mengurungkan niat melakukan transfer antar bank Mandiri ke Bank Lain dengan sistem SKN, selain lama, tetap aja kita akan di debit sebesar 5.000 untuk biaya transfer. Akhirnya, sayapun melakukan cara berbeda yaitu dengan sistem RTGS, formnya lebih singkat dibandingkan dengan yang lain, tidak banyak memang yang membahas transfer dana antar bank dengan RTGS di internet banking. Sampe akhirnya sayapun nekat melakukannya. Setelah saya selesai dengan tahap pertama, di tahap kedua saya dapat satu halaman konfirmasi di mana di halaman tersebut saya lihat, pihak bank membebankan uang sebesar Rp. 15.000 untuk biaya transfer dan bagi saya tidak masalah kalo dana tersebut bisa dengan cepat diproses.

Menit-menit pertama saya check di internet banking BCA saya dana belum masuk, saya takut ini akan sama halnya dengan SKN yang bisa memakan waktu 2 harian. Rajin ngecheck terus sampe sejam berikutnya saya check lagi, ternyata dana sudah masuk dengan jumlah yang saya transfer di bank Mandiri.

Artinya apa, RTGS jauh lebih cepat dibandingkan dengan SKN dengan biaya lebih mahal 10rb dari SKN. Akan tetapi, bagi Anda  yang ingin proses transaksinya cepat, minimal 1 jam, RTGS adalah jalan keluar yang sangat tepat, terutama bagi saya yang masih males untuk ngurusin ATM saya yang hilang.

Jadi, apa yang Anda pilih jika mengalami hal yang sama? SKN atau RTGS?

No related posts.

Tags: , , , ,

7 Responses

  1. Khadijah says:

    Saya mau menanyakan permasalahan SMS Banking dari Mandiri ke BCA dan begitu mau kirim atara bank muncul dua pilihan : online dan SKN/RTGS. Setelah itu bila kita pilih salah satu diantaranya dan ok maka kembali kata2 ulangi beberapa saat lagi dan itu terjadi terus menurus bila ingin melakukan transfer jadi tidak ada lanjutan kembali.

    Terima kasih,
    Slm,
    dj

  2. yudi says:

    informasi yang sangat bermanfaat sekali, terutama bagi pelaku bisnis online seperti saya. Makasih banget Pak.

  3. Pantara says:

    thanks info nya. mandiri memang tidak praktis :( … atau emang begitu harus nya, dan website mandiri banking cukup tidak informatif.. saya mengalami kasus yg sama seperti yg anda alami mandiri ke BNI mudah2an sampe deh transfer-an saya..

  4. ERY says:

    APAKAH ADA BATAS MAKSIMAL DAN MINIMAL UNTUK TRANSFER VIA RTGS?

    • ald wildblood says:

      Untuk Batas minimal RTGS dalam satu transaksi adalah 50juta, sedangkan batas maksimal adalah 100juta (tergantung limit, 100jt adalah untuk kartu Gold),
      karena limit minimal yang begitu besar menyebabkan RTGS ini kurang efektif bagi yang ingin melakukan transfer dibawah 50jt

  5. Terima kasih, mantab tutorialnya komplit bangetz, inilah sebabnya saya harus punya 2 rekening BCA & Mandiri karena 2 bank tersebut punya kelebihan dan kekurangan!

  6. Jack Febrian says:

    Terima kasih, informasinya cukup membantu.

Leave a Reply

  • i Support

    • Balapmania
    • Building Indonesia
    • Jongarsitek
    • Raxdata networks
    • Wattzup Clothes