Saturday, November 10, 2018

Menapaki jejak sejarah Indonesia di kota Hiroshima

Menapaki jejak sejarah Indonesia di kota Hiroshima

Jepang memiliki kedekatan yang sangat erat dengan Indonesia, selain menjadi salah satu negara dengan Investasi terbanyak di Indonesia, Jepang juga memiliki jejak sejarah masa kelam yang tidak akan pernah terlupakan.

Negara Indonesia pernah dijajah Jepang selama 3.5 tahun, tepat di mana negara kita tidak lama kemudian memproklamasikan kemerdakaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Kalo yang ngikutin pelajaran Sejarah semasa sekolah dulu, pasti inget bahwa Indonesia itu merdeka ketika kita sedang dijajah Jepang sebelum akhirnya Jepang mundur karena ada kejadian bom Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara Sekutu. Haha, moga2 gak salah ya gaes.

Nah, kali ini saya punya kesempatan untuk mengunjungi Kota Hiroshima. Sebuah saksi sejarah tentang masa kelam Jepang, sebuah titik balik perjuangan Jepang untuk mengembalikan keterpurukan mencapai kejayaan dan kemudian berubah menjadi negara maju.

Hiroshima bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit dengan pesawat dari Tokyo atau 5 jam dengan menggunakan kereta. Hampir sama jaraknya antara Jakarta hingga Surabaya.


Kota ini menurut saya sangat sepi jika dibandingkan dengan Tokyo, bahkan jika kita bandingkan dengan Kyoto-pun Hiroshima masih terbilang sangat sepi. Dan yang paling mengasyikan dari kota Hiroshima adalah adanya Trem yang bisa menghubungkan titik2 tempat wisata dari mulai Stasiun Kereta sampe ke Miyajima yang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan trem.

Berikut beberapa tempat yang saya kunjungi selama di Hiroshima:

1. Hiroshima Peace Memorial Park, lokasi di mana tragedi bomb Hiroshima terjadi

2. Atomic Bomb Dome, sebuah bangunan yang masih tampak kelihatan utuh dan bangunan yang menjadi saksi keganasan Bom

3. Miyajima Island,  yang merupakan warisan budaya UNESCO.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search