Saturday, February 8, 2020

Pengalaman nonton Australian Open langsung dari Melbourne

Saya sempet heran, ketika pernah suatu saat bahkan salah satu dari team saya berkata kalo dia tidak menyukai olahraga yang berhubungan dengan bola. Saya gak tanya kenapa, cukup amaze aja karena hampir semua olahraga yang dimainkan lebih dari 1 orang dan bisa bikin kita gettin so much fun itu tidak jauh dari bola. Sebut saja Sepakbola, Bola Basket, Ping Pong, Tenis dan semacamnya.

Tapi kalo saya ditanya lebih spesifik apakah saya main olahraga tersebut, saya bisa pastikan gak juga sih. Yang udah pasti saya ikutan 100% itu olahraga sepak bola. Sisanya saya hanya suka dan ngikutin, contoh-nya aja Tenis.

Sempat rutin main tenis beberapa tahun silam, lantas tidak lanjut karena tandem main di kantor sudah gak ada lagi, atau tandem yang mau main setelah jam kantor. Olahraga yang menggunakan bola dan sering main belakangan ini adalah Tenis Meja, setup alatnya mudah dan bisa main di dalam ruangan bahkan di hall kantor sehingga bisa main kapan saja.
Khusus Tenis, saya punya pengalaman menarik. Olahraga ini diyakini hanya digandrungi oleh orang-orang tertentu, ini termasuk ngikutin kejuaraan tenis dunia di TV, dari mulai US Open, Aus Open, Wimbledon, French Open atau lebih dikenal dengan Roland-Garros, dll. Bahkan, awal tahun lalu, awal-awal virus covid-19 mulai ramai di beberapa negara, saya ada kesempatan nonton langsung Final Australian Open di Melbourne.

Ini pengalaman pertama, jadi rasanya patut saya share di sini. Sebelum saya berangkat untuk nonton Australian Open 2020, 6 bulan sebelumnya saya berkunjung dulu ke Melbourne, atau sekitar Juli Agustus 2019. Jadi kalo di bulan itu, cuaca di Australia lagi Winter ya. Meski winter, cuaca siang hari di Melbourne cukup cerah meski dingin, dan bagus untuk melihat situasi di sekitar termasuk check ombak ke area tempat di mana akan digelarnya Australian Open.

Saya ambil paket tur, lumayan mahal untuk cuma keliling tour beberapa arena dan gak dapet compliment apa2, seinget saya sekitar 450rb-an sekali tur dengan durasi waktu 1 jam, makannya yang minat gak cukup banyak bahkan cuma beberapa orang, 4 orang, dan 1 orang asal amerika latin cukup bisa diajak ngobrol selama tur berlangsung. Sialnya, Rod Laver Arena waktu itu sedang dipake untuk persiapan konser, jadi gak bisa masuk.

Tiket Australian Open, sudah mulai dibuka biasanya awal Oktober dan hanya available secara online. Ada sih offline, tapi kayanya jadi mahal dan belum tentu kita dapet tiketnya. Cukup beruntung waktu itu, karena tiket final Australian Open habis terjual dengan waktu kurang dari 1 jam, meski saya harus rela cuma kebagian tiket Women Final-nya ketimbang yang Men.

Di Desember 2019 saya kembali ke Melbourne, udah musim panas ya kalo gak salah, karena seinget saya, jam gelapnya bukan jam 6pm tapi jam 9pm baru mulai gelap, dan saya juga menikmati suasana malam natal di sana untu pertama kali-nya. Saya nginap masih disekitaran gak jauh dari City Hall, jadi sesekali masih sempet check ke Arena sekalian jalan kaki dari hotel.

Satu hari sebelum hari H. Saya gak naik pesawat Direct sama halnya dengan penerbangan penerbangan saya sebelumnya, pasti selalu transit, either transit di Singapore atau transit di Sydney. Kali ini perjalanan saya cukup singkat, hanya ngabisin weekend saja di Aussie, alias berangkat Jumat malam pulang Minggu sore, haha. Dan sudah pasti akan ditanya macem2 di imgirasi. Dan bener aja, saya ditanya, tapi beruntung gak sampai di tahan kayak temen saya. Karena alesan saya harus ngejar pesawat transit ke Melbourne buat nonton Final Australian Open, dan mungkin karena alesan itu jg saya gak ditahan dulu ya ditanya macem-macem di Imigrasi.

Well, sampe di Melbourne hujan seharian! Saya sampe jam 11-an siang kalo gak salah, saya tiba di hotel, dan karena belum waktunya Check-In saya pun cuma titip koper aja, dan saya tinggal untuk langsung cari makan dan langsung ke Rod Laver Arena, dan masih hujan. Padahal saya demam, not such a good day sih waktu itu, sampe di Rod Laver Arena, masuk dan nonton beberapa pertandingan lain sebelum akhirnya nonton final. Karena hujan, akhirnya saya memutuskan gak dulu ke hotel dan stay di Rod Laver Arena sampe acara kelar. Dan kelar acara itu jam 12 malam, dan hujan! hahaha. Jadi arena yang biasanya terbuka, atapnya saat itu pun tertutup, jadi sayang banget gak bisa nonton dengan sempurna. Tapi gapapa dinikmatin aja, sayang soalnya haha.

Sampe hotel jam 1 pagi, badan menggigil dan kenyataan bahwa saya harus siap2 ke bandara at least jam 10 pagi untuk ngejar pesawat jam 2 siang. Besok nya masih demam, bahkan di pesawat pun masih demam. Tau apa yang bikin deg2an? Saya transit di Singapore, dan Changi saat itu lagi ketat2nya! Tapi strategi saya cukup jitu, saya minum obat demam 30 mins sebelum mendarat di Changi dengan harapan demam turun dan saya gak kena thermo test nya Changi yang saya lihat waktu itu dijaga ketat oleh banyak polisi, sayapun lolos dan bisa melanjutkan perjalanan ke rumah. Fyuh!