Wednesday, January 7, 2009

Tentang Sebuah Manifesto

Beruntung saat ini ada beberapa orang sangat penting di kiri-kakan saya. Semuanya adalah yang mempengaruhi saya untuk tetap melakukan hal yang sampai saat ini sedang digeluti. Hidup memang memerlukan seorang yang mempengaruhi, begitu juga semua orang. Ketika orang-orang terdahulu menjadikan orang yang lebih dulu dari mereka sebagai pemberi pengaruh, saya juga melakukan hal demikian.

Pengaruh-pengaruh tersebut memiliki banyak arti tersendiri untuk mewujudkan sebuah goal dari apa yang sedang kita geluti. pemain bola, bisa jadi hebat mungkin gaya bermain bolanya dia curi dari seorang yang memberi dia pengaruh, mereka lihat di tv, video, games, bahkan secara langsung melihatnya, dan secara diam-diam mengambil beberapa teknik bermain bola si orang yang tadi dilihatnya.

Itu wajar saja terjadi, meski jika kemudian mungkin kemampuan yang kita kumpulkan dari hasil pencurian dari sang pengaruh, justru lebih baik dari orang yang telah kita curi. Tapi, apa yang ternyata menyebabkan banyaknya pengalaman-pengalam justru berlaku sebaliknya?

Kehidupan saya banyak di pengaruhi oleh budaya-budaya urban, musik barat, design-design hebat, pebisnis hebat, buku-buku hebat, penulis hebat, arsitektur, pemimpin redaksi online, film-film hebat. Itulah sebabnya banyak mimpi-mimpi hebat yang bisa dibicarakan kalau suatu saat nanti bertemu saya. banyak sesuatu yang bisa di share, sampe waktu itu salah satu teman dari redaksi dan juga penulis majalah (salah satu majalah online) menelurkan sebuah pesan yang saya lupa.

“Manifesto”, dari apa yang telah kita set atau bentuk baik itu secara tertulis maupun masih gamang di otak kita. Menghajar setiap langkah-langkah yang harusnya sudah kita perhitungkan di secarik kertas atau di note handphone kita mungkin, dan memberikan review dari apa yang telah kita hajar tersebut.

manifesto” , tindakan nyata dari apa yang sebenarnya masih abstrak, masih menjadi tajuk rencana, prinsipel, masih berupa ide dan gagasan. sehingga jadilah sesuatu yang nyata, sesuatu yang real secara fisik, terlihat maupun terasa, dan terpublikasi.

Dari situ, muncul sebuah titik terang, muncul sebuah semangat baru saya untuk ber-”manifesto”, beresolusi, ber-rencana, untuk mewujudkan pengaruh si sang pengaruh itu menjadi nyata.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search