Thursday, December 24, 2020

Fenomena berburu tanaman hias

Pandemi mungkin gak selamanya jadi musibah, bagi sebagian kalangan justru jadi sebuah keajaiban yang bisa membawa cuan. Contohnya aja ada kabar dari dunia per-digitalan atau dunia per-startupan yang mana, Zoom yang merupakan sebuah platform pertemuan daring ini tiba2 saja terkenal dan meroket karena beberapa kebijakan penerapan kebiasan baru untuk lockdown, tetap di rumah hampir di seluruh bagian dunia, gak terkecuali di Indonesia. Bahkan, saya pribadi juga bukan cuma urusan kerjaan, urusan keluarga termasuk salah satunya silaturahmi saat lebaran aja dilakukan via Zoom.

Jangan jauh-jauh ke Zoom beberapa hal sederhana yang ada di Indonesia sini jg kebagian berkahnya, misalnya aja ikan cupang (sampe ada orang yang didapuk presiden cupang segala) dan tanaman hias. Yang tiba-tiba saja harganya juga ikutan meroket kayak nilai saham Zoom :D.

Nah, salah satu "korban" fenomena itu salah satunya adalah saya, haha. Iyes, belakangan ini semenjak saya pindah rumah saya mulai keranjingan sama taneman hias. Gak tau apa karena emang bosan, atau karena emang saya orangnya tren follower, yang pasti situasi yang saya yakini sih saya emang perlu tanaman buat rumah aja. Sampe video tutorial di Youtube tentang cara merawat dan memamahbiakkan jenis tanaman saya tonton, dan akun2 IG ttg tanaman hias saya ikutin. Bahkan lebih ekstrim lagi, sekarang saya bukan beli tanaman hias yang udah jadi dan tumbuh, melainkan bonggolnya yang harganya masih relative sangat murah. Contohnya saja, saya dapet beberapa bonggol seperti Monstera Deliciosa, Monstera Rhapidopora, Alocasia Dragon, etc dengan cukup bayar 10rb aja per pcs. Bahkan yang bonggol Alocasia Dragon saya beli di Tarakan, Kalimantan Utara.

Aneh? Kayanya enggak juga ya, ini mirip fenomena harga sepeda yang demand lebih banyak daripada supply. Tapi sedikit berbeda karena naiknya sangat drastis parah. Bahkan udah pernah denger belum kalo ada orang yang rela bayar 3 jenis tanaman hias dengan sebuah mobil avanza? Haha. Bahkan baru-baru ini saya denger di Garut, ada orang niat banget nuker rumahnya dengan 40 tanaman hias, seperti dikutip di media daring Vice.

Keterlaluan emang kalo orang udah "sakau" alias fanatik. Untung saya gak terlalu fanatik, saya mah buat happy-happy aja, buat teman ketika udah bosan dan dan merasa suntuk saja. Bahkan yang paling ekstrim dari saya ke tanaman hias itu cuma duduk ngelamun di depan taneman itu doang. Haha.

Nah, balik lagi ke cerita bonggol tadi, sekarang saya sudah nanam bibit bonggol2 yang saya sebutin tadi dalam pot yang jumlahnya ada sekitar 25 pot. Tapi emang kalo kita beli bonggol itu ada disclaimer nya, yaitu "semoga jadi dan tumbuh tunas". Jadi, buat temen2 yang mau berburu tanaman hias murah dengan memutuskan beli bonggol, jangan berharap banyak bonggol nya bisa tumbuh. Bahkan nunggu tunasnya muncul aja butuh waktu lama, bisa makan waktu minimal 2 minggu dan dengan perawatan yang bener2. Nah alhamdulillah, dari 25 bonggol yang saya tanem, 4 diantaranya sudah tumbuh tunas, bahkan 2 sudah keluar daunnya.

Tinggal nunggu dia bener2 tumbuh stabil, baru dipindah ke pot yang lebih besar dan dirawat. Siapa tau 1 sampe 2 bulan ke depan, Monstera dan Alocasia saya tumbuh dengan cantik dan laku dijual at least dapet cuan dari beli 10rb, jual 1jt gitu bisa? siapa tau. Haha.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search