Wednesday, January 13, 2021

Kembali ngeblog dan tentang hobby baru selama pandemi

Kembali ngeblog dan tentang hobby baru selama pandemi

Sebetulnya udah lama sekali saya pengen balik lagi nulis, dan selalu jadi resolusi tahun baru rutin dan rutin pula gak pernah terlaksana. Bahkan salah satu resolusi saya tahun lalu untuk mampu baca buku sampai 20 buku saja hanya 2 buku saja yang tercapai. Sisanya, buku cuma jadi koleksi yang sekarang selalu nampang di belakang meja kerja saya, dan jadi tontonan orang-orang ketika melakukan video conference.

Bukan tanpa sebab juga, ujug-ujug saya pengen nulis, tapi juga karena ngusir rasa bosan WFH yang sudah hampir menyentuh 10 bulan, bahkan selama pandemi, jujur saya baru 3 kali pergi untuk alasan pekerjaan. Sisanya di rumah. Bahkan sejak pandemi, saya punya beberapa hobi baru, bersepeda dan tanaman hias.

Berbicara tentang sepeda, saya mulai 3 tahun lalu sebetulnya. Maklum, alasan buat nyari hobi memang tidak dimulai dari pandemi, alasan nyari hobi itu dimulai ketika kita suntuk dan stress yang diakibatkan kesibukan pekerjaan. Saya pikir sih wajar ya, semua orang melakukan berbagai cara agar kesibukan mereka minimal bisa berkurang kalo punya hobby, alasannya cukup klasik. Bahkan alasan itupula yang akhirnya saya waktu itu tetiba saja nyari sepeda dan beli sepeda, bekas dan nyari di salah satu ad classified cukup ternama.

Dan bener aja, emang niat awal hanya "pelarian" dari kesibukan itu gak pernah ada yang abadi. Hanya bertahan 3 bulan pertama, kemudian lupa. Dan barulah diingetin kembali pas pandemi. Tapi memang, soal urusan sepeda di pandemi, ini soal tentang fenomena berkah dunia persepedaan, terutama mungkin perselian, haha. Tetiba saja demand dengan supply menjadi gak seimbang, alhasil ya kita tahu harga-harga sepeda jadi meroket saat itu.

Kalo saya justru dimanfaatin selain bersepeda, juga saya gunakan untuk belajar merakit dari cuma sparepart menjadi sepeda jadi. Iya, sepeda saya beranak dan bahkan sampe saya buka toko online buat jualin spare-part bekas dan spare-part baru, namanya Mistersepeda. Bahkan emang dasar orang dotcommers jadul, saya pun sampe beli domain mistersepeda.com dan entah itu buat apa haha. Yang pasti, saya sampe niat beli spare-part sepeda dari luar untuk saya jual lagi di sini, nyamar jadi importir amatir tapi cara efektif buat menjadikan saya peng-hobi yang totalitas. Gowes, rakit, sampe jualan spare part, bahkan sesekali saya belajar fisika, belajar tentang hubungan antara ukuran crank, ukuran ban dan ukuran sprocket dengan kecepatan yang akan kita capai ketika sekali gowes.

Rute terjauh saya selama gowes itu menyentuh 74km, hampir bisa mengelilingi Jakarta, karena rutenya pun emang mengelilingi Jakarta. Meski kemudian rekor itu terkalahkan ketika saya mulai menggandrungi sepeda virtual pake bike trainer yang bisa sampe 107km, dan pecah bulan Desember tahun lalu.

Tapi, sekali lagi selalu ingat jika semua itu ada hikmahnya. Di saat pandemi begini, hobi-hobi saya terutama bersepeda yang tadi-nya cuma anget-anget tai ayam, kini sudah hampir jadi hobi beneran, meskipun sepedaan nya virtual pake trainer, berkeliling2 dunia dengan aplikasi Zwift di komputer, berjam-jam sepedaan dan berasa sudah kayak atlit beneran.

Nah, kira2 inilah postingan pertama saya setelah sekian lama gak nge-blog, tentang hobi baru bersepeda dan mungkin akan dilanjut dengan cerita tentang hobi baru saya lainnya di hal yang belum pernah saya pikirkan saya sebelumnya, yaitu bercocok tanam tanaman hias haha.

Selamat datang di dunia hasil produk pandemi, saya yakin teman2 juga merasakan hal yang sama. Semoga meskipun saya yakin teman2 bosan, jgn berhenti untuk terus di rumah, tetap jaga kesehatan, tetap terapkan 3M. Kalo katanya orang, jangan takut untuk parno, karena parno sekarang itu adalah the new normal. Salam sehat buat kita semua.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search