Wednesday, January 13, 2021

Mengenal apa itu namanya Blogwalking

Mengenal apa itu namanya Blogwalking

Sebelum nulis tentang yang serius-serius, dan masih di suasana PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena pandemi yang sudah hampir 10 bulan, saya mw sedikit nostalgia dengan istilah yang dulu sangat populer di kalangan Blogger, yaitu blogwalking.

Blogwalking, secara harfiah jika diterjemahkan dalam bahasa itu kurang lebih ya jalan-jalan atau lihat-lihat blog, dan biasanya blog punya orang lain. Istilah ini sangat terkenal sekali bahkan jadi tren di kalangan blogger.

Namun, blogwalking saya kali ini berbeda, saya justru pengen jalan-jalan menelusuri jejak tulisan blog saya jaman dulu. Dan nemu beberapa jejak diantaranya dengan googling pake keywords "siabahdodenk".

Kenapa siabahdodenk? Ini karena nama pena saya waktu masih sering main MIRC, namanya siabahdodenk. Bahkan tahun 2001 saya pernah beli domain siabahdodenk.com, dan lagi-lagi entah apa alasannya. Haha.

Silahkan jika kalian penasaran, coba aja googling, gak banyak jejak yang tertinggal, yang saya lihat masih di kisaran tahun 2006-an. Tulisannya seputar ttg CSS, HTML, Javascript gitulah, karena pada masa itu, bagi kalian yang pernah maen Friendster dan bisa ngotak-ngatik halaman/layout profile kita pasti paham, kenapa basic bahasa pemrograman tadi jadi sangat penting dipelajari.

Dan gara-gara itu juga tahun 2007 saya mulai kerja di Jakarta jadi web designer (silahkan tengok halaman linkedin saya).

Saya juga nemnu beberapa jejak digital dengan kata keywords lainnya, baik itu thesundayz, chobenito, hellobenny dan sebagainya. Yang bikin saya kemudian ngakak kecil karena ternyata saya sempat culun, bahkan di tahun 2004, ingat sekali rasanya tulisan 4l4y saat itu pernah jadi tren, bahkan saya jg ingat pernah nulis dengan hurup 4l4y tadi.

Ah, kalo ingat jaman-jaman itu rasanya enak sekali, meskipun jaman susah, tapi saya selalu ngerasa gak ada tekanan sama sekali, jauh dari stress, bahkan mondar-mandir sana sini jalan kaki atau naek metromini pun rasanya gak ada gengsi sama sekali.

Cuma sayang, beberapa jejak digital yang ada di geocities, friendster notes, dll udah gak ada lagi. Kalo masih ada, rasanya saya gak cuma ketawa kecil, tapi bisa jadi ngakak karena ingat dulu saya pernah juga ngalamin masa-masa menarik untuk dikenang.

Lain kali, kalo ada waktu lagi, saya mungkin coba blogwalking ke weblog yang dulu pernah saya baca, mungkin termasuk blog Almarhum Pakde Totot yang gak pernah saya lewatkan untuk saya baca, meski kalo dibandingin waktu itu antara saya dan Pakde, kayak bumi dan langit, alay tapi bacaannya berkelas.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search